Search

Pembiayaan Pegadaian Capai Rp 38,7 Triliun di Semester I 2018

Pegadaian secara resmi melakukan program konversi berupa pengalihan sistem Pegadaian konvensional ke Pegadaian Syariah di seluruh wilayah Madura, Jawa Timur pada hari ini.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso menyampaikan jika mulai 1 Juli 2018, seluruh Pegadaian di Madura dikonversi menjadi syariah. Nantinya, pelayanan Pegadaian di Madura yang berjumlah 87 unit menggunakan sistem syariah, tidak ada yang konvensional.

Sunarso mengatakan, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Tim Pegadaian, motif nasabah datang ke Pegadaian yang selama ini lebih banyak motif benefit.

“Sedangkan di Madura seimbang antara motif benefit dan motif syar’i. Selain itu dari sisi religius hampir semua 99,4 persen penduduk Madura beragama Islam,” jelas Sunarso dalam keterangan tertulis di Madura, Senin (02/7/2018).

Acara peresmian ini dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin, Ulama dan Dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia KH Chollil Nafis, Lc, Phd, Ketua MUI Jawa Timur KH Abdussomad Buchori, Pj. Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh serta ratusan ulama dan santriwan/santriwati dari berbagai pondok pesantren di Madura.

Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, menyambut baik apa yang telah dilakukan Pegadaian Syariah. Dia mengibaratkan institusi-institusi syariah seperti bus, dan para ummat seperti penumpang bus. Jumlah armada bus syariah sudah sangat cukup, tetapi kenapa jumlah penumpangnya tidak bergerak dari angka 8 persen.

“Semoga ke depan masyarakat makin paham dengan keberadaan Pegadaian Syariah, yang bisa dijadikan sumber pembiayaan, menggantikan pembiayaan konvensional. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia sangat ketinggalan dalam penyerapan dana dari keuangan syariah. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkat lebih besar lagi," tandas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3608305/pembiayaan-pegadaian-capai-rp-387-triliun-di-semester-i-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembiayaan Pegadaian Capai Rp 38,7 Triliun di Semester I 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.