Search

Dengan Teknologi Ini Pertamina Diyakini Mampu Kelola Blok Rokan

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah mempercayakan pengelolaan Blok Rokan di Riau kepada PT Pertamina (persero). BUMN ini pun dinilai sanggup mengelolanya dengan menerapkan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) di blok tersebut.

Apalagi, Pertamina disebut memang telah berpengalaman mempergunakan teknologi tersebut di beberapa lapangan minyak. “Karena sudah terbiasa menerapkan EOR, maka dari sisi teknologi saya yakin Pertamina mampu,” kata Ahli Geologi Rovicky Dwi Hariputro di Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Namun dia mengingatkan, agar Pertamina tetap harus menyesuaikan penerapan teknologi dengan kondisi Blok Rokan. Sebab, kondisi satu lapangan dengan yang lain memiliki perbedaan, baik dari sisi geologi maupun jenis minyak.

Meski demikian, dia menegaskan, teknologi sama sekali bukan hambatan bagi Pertamina dalam mengelola Blok Rokan. Apalagi, karena seluruh peralatan dan teknologi telah terpasang di lapangan. Ini artinya, Pertamina tinggal menjalankan teknologi tersebut.

“Dengan demikian, yang lebih harus diperhatikan adalah manajerial Pertamina dalam menerapkan teknologi itu. Melalui manajeraial itu, Pertamina harus bisa mengaplikasikan teknologi tersebut terhadap sistem administrasi atau sistem pengambilan keputusan. Tetapi dari sisi kemampuan menerapkan teknologi, sama sekali tidak masalah bagi Pertamina,” lanjut dia.

Teknologi EOR, menurut Rovicky, memang sangat diperlukan untuk mengoptimalkan produksi di Blok Rokan, termasuk untuk dua lapangan besar yaitu Minas dan Duri. Dengan menerapkan teknologi EOR, Pertamina bisa meningkatkan jumlah minyak yang diambil.

Pertamina sendiri, sudah sangat berpengalaman menerapkan teknologi EOR, baik melalui metode steamflooding maupun waterflooding.

Untuk metode steamflooding, antara lain dilakukan Pertamina di sumur eksplorasi Kumis-2 di Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Pertamina mulai mengelola lapangan tersebut pada 2014, setelah sebelumnya dikelola Chevron.

Sementara untuk metode warterflooding, BUMN tersebut menerapkan melalui PT Pertamina EP . Salah satu lapangan yang menerapkan metode ini adalah Pangkalan Susu Field, tepatnya di Struktur Gebang. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3609691/dengan-teknologi-ini-pertamina-diyakini-mampu-kelola-blok-rokan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dengan Teknologi Ini Pertamina Diyakini Mampu Kelola Blok Rokan"

Post a Comment

Powered by Blogger.