Search

Alasan Devisa Hasil Ekspor Tak Bertahan Lama Mengendap di Indonesia

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebutkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) cukup tinggi pada 2018. Namun, angka defisit diperkirakan dalam batas aman.

"Kami tegaskan tentang defisit transaksi berjalan memang lebih tinggi tahun ini. Kami sampaikan USD 25 miliar (prediksi), tapi itu masih dalam batas aman terkendali, di bawah 3 persen terhadap PDB," kata Perry di Mesjid BI, Jakarta, Jumat 3 Agustus 2018.

Perry menyatakan, pemerintah bersama BI tidak akan berpangku tangan begitu saja. BI akan terus berkoordinasi untuk meningkatkan devisa supaya CAD tetap terkendali.

"Pernyataaan bu Sri Mulyani untuk mendorong ekspor tidak hanya memasukkan devisa ke Indonesia, tapi juga mengkonversi ke Rupiah," ujar dia.

Saat ini, lanjutnya  kurang lebih sudah sekitar 80-81 persen dari Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang sudah masuk ke perbankan Indonesia. Tapi baru sekitar 15-16 persen yang dikonversikan ke Rupiah.

Perry menjelaskan, untuk mendorong para eksportir mengkonversi DHE ke Rupiah akan diberi kemudahan dari sisi fiskal oleh Kemenkeu. Sementara itu, BI akan memberikan kemudahan biaya swap.

"Tentu saja dalam konteks ini, dari kemenkeu ada bagi eksportir yang memasukkan devisa ke Indonesia tentu saja kan pajak mengenai simpanannya lebih rendah, apalagi yang dikonversikan pajaknya lebih rendah dari kami. Tentu saja kami akan terus berupaya supaya swap maupun forward terus murah," kata dia.

Mengkonversi DHE ke rupiah juga akan memberi keuntungan bagi eksportir yaitu berupa kemudahan jika suatu saat mereka kembali membutuhkan dolar Amerika Serikat.

"Jika para eksportir bisa mengkonversi rupiah dari spot, dan bisa juga kalau memang mereka masih ingin pegang dolar AS. Akan tetapi butuh rupiah melalui swap demikian juga untuk para importir yang butuh dolar, tidak harus ke spot tapi bisa ke forward,” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3612619/alasan-devisa-hasil-ekspor-tak-bertahan-lama-mengendap-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Devisa Hasil Ekspor Tak Bertahan Lama Mengendap di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.