Search

3 Cara Pintar Atur Uang dari Usia 20 hingga Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata finansial? Anggaran, penghasilan, atau utang? Menyimpulkan dari beberapa artikel, ternyata definisinya bisa lebih luas dari itu.

Dikutip dari Swara Tunaiku, salah satu poin finansial yang perlu diperhatikan adalah tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Setiap rentang usia memiliki kebutuhan dan target keuangan. Namun hal ini tentunya bersifat relatif. Sebab kebutuhan senantiasa berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Nah, lebih jelasnya bisa dipahami dari pembahasan detail berikut ini.

Usia 20-an

Ini merupakan rentang usia yang baik untuk belajar mengatur keuangan. Kamu punya kesempatan untuk menciptakan good money habit. Misalnya, membuat anggaran bulanan dan mencatat semua pengeluaranmu.

Di rentang usia ini, kebutuhanmu masih belum banyak dibandingkan rentang usia berikutnya. Jadi, enggak perlu khawatir. Kamu bisa memulainya dengan pelan-pelan.

Ada tiga hal yang harus kamu selesaikan selama berada di usia 20-an. Pertama, melakukan pelunasan utang kartu kredit. Kalau bisa sudah lunas sebelum memasuki usia 30. Sebab, di usia ini, kebutuhanmu semakin meningkat. Jika enggak segera diselesaikan, maka ke depannya kamu akan sulit mengatur keuangan.

Sembari melunasi utang kartu kredit, kamu bisa mulai membuat anggaran untuk emergency fund. Lakukan ini dengan mengatur pendebetan otomatis ke rekening setiap kali menerima gaji. Idealnya, kamu menabung sebanyak enam bulan gaji.

Namun, kalau masih merasa berat, mulai saja dulu dengan satu bulan gaji. Selain itu, kamu juga bisa sedikit demi sedikit mengumpulkan uang untuk dana pensiun. Walaupun sudah ditanggung oleh tempat kerjamu, enggak masalah menerapkan ini untuk dana pensiun pribadi. Bisa dimulai dari jumlah yang kecil, misalnya 1-5 persen dari gajimu.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3612040/3-cara-pintar-atur-uang-dari-usia-20-hingga-pensiun

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Cara Pintar Atur Uang dari Usia 20 hingga Pensiun"

Post a Comment

Powered by Blogger.