Search

Ini Alasan AS Kenakan Bea Masuk ke 3.547 Produk RI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, sebanyak 3.547 produk ekspor akan terdampak apabila Amerika Serikat mencabut pemberlakuan fasilitas keringanan bea masuk atau generalized system of preferences (GSP) terhadap Indonesia. Produk tersebut terdiri atas tekstil, footwear, minyak sawit dengan nabatinya dan mesin.

"Banyak, ada 3.547 tarif lain yang mengandung konsekuensi itu," ujar Menteri Enggar saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/7.2018).

Menteri Enggar mengatakan, penyebab rencana pencabutan pemberlakuan khusus ini karena Indonesia dinilai memiliki nilai ekspor yang surplus terhadap negara Paman Sam tersebut.

Selain itu, Indonesia juga dinilai berencana menghambat masuknya produk hortikultura dari AS ke Indonesia dengan membatasi kuota produk.

"Jadi mereka juga tidak mau ada barrier (batasan) untuk ekspor mereka ke sini. Kita sudah surplusnya besar tapi dihambat pula, jadi itu fair sajalah menurut saya. Karena seperti diketahui Amerika mencatat surplusnya perdagangan kita USD 14 miliar, dia bilang Anda sudah surplus tapi menghambat juga produk dari kami," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3585572/ini-alasan-as-kenakan-bea-masuk-ke-3547-produk-ri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan AS Kenakan Bea Masuk ke 3.547 Produk RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.